Assalamu'alaikum.... ^_^ Pengobatan Sakit Maag (Gastritis) -->

Pengobatan Sakit Maag (Gastritis)

Pengobatan Sakit Maag (Gastritis)
Pengobatan Sakit Mag (Gastritis)
Gastritis/Maag/Ulser
Penyakit lambung dapat dibedakan menjadi dua, akut dan kronis. Ketika kita mengalaminya, kita dapat mencari penyebab sendiri dengan membayangkan masa lalu (flasback). Makdunya membayangkan apa yang telah kita lakukan, bagaimana pola hidup kita selama ini sehingga penyakit maag bisa datang. Bahkan mungkin saja kedatangan penyakit ini adalah berkat undangan dari kita. 

Nah, apabila penyakit itu terlanjur  diundangan, apa yang harus kita lakukan? Sebab bagaimanapun, itu adalah undangan yang tidak kita kehendaki untuk datang. Sebab kita telah mengundangnya tanpa sengaja. 

Yang perlu kita lakukan untuk mengusirnya adalah mengetahi dahulu tipe undangan bagaimana yang diterimanya. Sebab kita hanya bisa mengusirnya dengan mengetahui apa tipe undangan yang ada digenggamannya. Tipe undangan tersebut dapat Anda lihat di bawah ini:
  1. Makanan yang mengandung kadar asam tinggi. Contohnya buah-buahan seperti jeruk nipis, atau cuka. Mungkin selama ini Anda terlampau sering mengkonsumsinya. 
  2. Makanan yang terlalu pedas.
  3. Efek samping dari obat-obatan pereda rasa nyeri (analgesik), seperti aspirin, ibuprofen. Selain itu, sering mengkonsumsi obat anti inflamasi juga merupakan pemicu datangnya tamu yang dinamai dengan Gastritis (maag/ulser) ini.

Nah, tiga tipe undangan tersebut masih tergolong undangan yang bisa dikatakan untuk golongan menengah ke bawah. Artinya tamu yang datang tidak mempunyai perlawanan yang kuat untuk tetap bertahan, dia tak punya power yang lebih untuk menghadapi pengusiran dari tuan rumah. Kita hanya perlu mengubah pola hidup (tipe-tipe undangan) tersebut menjadi lebih baik. Artinya menghindari makanan-makanan yang dapat memicu naiknya asam lambung atau mengiritasi lambung. Kemudian cukup dengan meminum beberapa obat untuk menurunkan asam lambung atau menetralkan asam lambung serta antistamin, makan dengan porsi sedikit tapi sering serta istirahat yang cukup sudah dapat membantu memulihkan kesehatan lambung. Dan apabila Anda sering mengkonsumsi obat-obatan seperti yang telah disebutkan di atas, maka cobalah untuk berhenti. Apabila itu suatu kebutuhan karena menderita penyakit tertentu, jangan lupa makan makanan seperti nasi atau roti terlebih dahulu sebelum minum obat tersebut. Hal ini supaya lambung terlapisi. Dari penjelasan tersebut, saya rasa Anda cukup paham bagaimana cara mengusir tamu tersebut.

Lalu, bagaimana kalau tamu tersebut memiliki kekuatan yang super? Alias tidak mudah diusir dengan cara di atas? 

Kekuatan super yang saya maksud adalah pada kasus gastritis akut yang berubah menjadi gastritis kronis. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa hal di bawah ini:
  1. Infeksi oleh bakteri H.pylorii. Sebenanrnya, lambung memiliki kekuatan memproteksi diri dari berbagai bakteri/kuman yang mencoba memasukinya. Tak ada kuman yang bertahan hidup dengan asam lambung. Tapi itu dulu, sebelum ditemukannya bakteri H.pylorii yang ternyata dapat menyesuaikan diri dengan kondisi lambung. Bakteri ini dapat hidup dan berkembang biak, merupakan penyebab gastritis akut. Untuk membunuhhnya, Anda bisa mengkombinasikan cara di atas dengan mengkonsumsi obat-obatan antibiotik amoxicillin, metronidazole dan tambahkan clarithromycin. Konsumsilah selama seminggu.
  2. Refluks cairan empedu (arus balik cairan empedu dari usus ke lambung)
  3. Kondisi yang mendasari, seperti anemia pernisiosa (anemia akibat lambung  tidak mampu mencerna vitamin B12) -- datangilah dokter untuk memperoleh bantuan ksehetan.
  4. Konsumsi alkohol yang berlebihan -- berhentilah kebiasaan buruk ini!
  5. Pemakaian narkoba jenis kokain -- lupakan narkoba jenis apa pun! Hidup akan menyenangkan dan sehat fisik dan psikis tanpa narkoba. 
Admin
Seorang sarjana salah jurusan. Penulis yang tidak puitis. ^_^

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool