Assalamu'alaikum.... ^_^ Obat Tidak Bisa Kentut -->

Obat Tidak Bisa Kentut

Obat Tidak Bisa Kentut
Obat Tidak Bisa Kentut
Banyak orang-orang yang mengeluh kentutnya tidak bisa keluar, dan akhirnya menimbulkan bermacam masalah kesehatan yang memusingkan. Selain itu, ada pula diantara kita yang sering menahan kentut, terlebih bila di tengah orang-orang. Seandainya kita paham apa gunanya kentut untuk kesehatan, tentu kita akan berpikir beberapa hal sebelum akhirnya menahan ia untuk keluar. Kita harus banyak bersyukur bila masih mampu mengeluarkan kentut secara normal, karena itu akan membuat tubuh kita menjadi sehat.

Apa sih kandungan gas yang ada pada kentut? 

Flatuensi atau yang lebih kita kenal 'kentut' merupakan kumpulan gas dari sisa metabolisme di usus, dan kemudian didorong secara alamiah ke bawah lalu di keluarkan melalui lubang anus. Beberapa kandungan gas yang ada pada kentut yaitu nitrogen, karbondioksida, methana dan sulfur. Sebenarnya, kita bisa kentut sebanyak 14 kali dalam sehari, dan bayangkan bila frekuensi tersebut ditahan oleh Anda, lalu apa yang akan terjadi? Tentu saja akan menimbulkan beragam masalah kesehatan dan bisa saja kemudian Anda akan menjadi sangat susah untuk kentut lagi. Dan terakhir, Anda terpaksa mengobatinya (dari yang murah sampai mahal). Jangan sepelekan kentut!

Apa gangguan kesehatan yang bisa terjadi bila Anda menahan kentut?
  1. Nafas menjadi bau.
    Bisa bayangkan bagaimana masalah ini menjadi aib bagi Anda bila berkepanjangan. Bagaimanapun juga, kita hidup di dunia yang penuh dengan keramaian dan gosip. Kebanyakan gosip membuat penderitaan, alias ketidaknyamanan hidup. Kita akan malu untuk bercakap-cakap dengan orang (di tempat kerja, sekolah atau kampus). Dan tidak mungkin kita hanya diam saja pula untuk menyembunyikan bau mulut, sebab kita punya mulut yang tak bisu dan orang tahu hal itu. Lalu, ketika napas kita yang tak sedap tercium, kita pun bisa menjadi buah bibir yang memuakkan. Bahaya bukan?

    Napas yang bau tersebut terjadi karena penumpukan gas yang ada di usus kemudian berdifusi dalam darah dan menyebar ke seluruh tubuh, lalu ditangkap oleh paru-paru yang mengeluarkannya bersama napas. Tentu saja napas akan menjadi bau.
  2. Susah Buang Air Besar (BAB)
    Penumpukan gas yang ada di usus akan menyebabkan pelebaran yang abnormal dan hal itu akan mengakibatkan susahnya buang air besar. Keadaan yang sering tidak BAB akan menyebabkan keringat Anda menjadi tak sedap pula.
  3. Perut Terasa Penuh (Begah atau Kembung)
    Gas yang menumpuk akan menyebabkan perut menjadi terasa penuh, seharusnya gas tersebut memang untuk dibuang. 

Kacang-kacangan, produk susu, bawang, lobak, ubi jalar, ragi pada roti dan beberapa sayuran lainnya adalah jenis makanan yang dapat meransang pengeluaran kentut. 

Apa manfaat kentut?

Meski bau busuk, kentut memiliki manfaat yang super untuk kita. Memang begitulah Tuhan menciptakan sesuatu, meski sering kita hina-hina, kita benci karena membuat kita malu dan jijik, dan lain sebagainya, semua itu bukanlah kesia-siaan. Ada manfaatnya yang luar biasa. 

Untuk para dokter, kentut biasanya dijadikan petunjuk apakah usus telah kembali berfungsi normal. Setelah menjalani operasi dan dibius, pasien harus kentut terlebih dahulu, setelah itu baru mendapat izin untuk makan dan minum. Kentut menunjukkan kondisi usus yang baik. 

Bagaimana cara mengatasinya?

Berikut adalah cara alami mengobati kesulitan kentut, yaitu:
  1. Oleskan minyak kayu putih atau pakai balsemAnda boleh pilih salah satu menurut kanyamanan (balsem atau minyak kayu putih). Ambil secukupnya saja, kebanyakan akan menyebabkan perih (balsem), kemudian olesi di perut. Oleskan dengan merata ditempat yang menurut Anda tidak enak. Kemudian berbaringlah sejenak. Usahakan untuk bersendawa sebanyak mungkin sambil terus berusaha buang angin dengan dubur (anus).
  2. Minum air ketumbar
    Apabila cara di atas tidak mempan maka bisa lakukan cara berikut ini. Ketumbar memiliki khasiat untuk mengatasi masalah ini. Ambillah sejumput ketumbar, tumbuk lalu rebus dan minumlah airnya. Semoga bom methana dan kawankawan bisa keluar dari anus Anda!
  3. Tidur tengkurap
    Ini adalah cara tradisional yang dulu sering dilakukan oleh orang-orang Jawa. Tidurlah tengkurap di atas dipan (dipan bambu biasanya) dari bagian bawah dipan diasapi mengguanakan daun kelapa kering yang dibakar. Hal ini akan menimbulkan rasa hangat di perut yang kemudian merangsang pengeluaran gas diperut Anda menjadi lancar. Bisa dicoba!
  4. Minum Temu Ireng (Arab: Habattasauda)
    Bahasa lainnya adalah jintan. Cobalah membuat teh panas dan tambahkan 1 sendok teh jintan, lalu minum. InsyaAllah membantu. 

Lain kali kita akan membahas cara mengatasi susah buang ketut dengan obat-obatan modern. Salam. 
Admin
Seorang sarjana salah jurusan. Penulis yang tidak puitis. ^_^

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool