Assalamu'alaikum.... ^_^ Pengobatan Demam Berdarah -->

Pengobatan Demam Berdarah

Pengobatan Demam Berdarah
Sebenarnya untuk penyakit yang satu ini tidak ada obat khususnya. Apabila kita dapat mengetahui gejalanya sendiri maka kita dapat mengobatinya dengan mudah, dan bisa saja tanpa bantuan dokter. Akan tetapi tetap saja, untuk mengetahui gejalanya kita harus punya pengalaman terlebih dahulu tentang penyakit ini; bisa kita yang menderita sendiri atau orang lain yang kita amati. 

Akan tetapi, sayangnya kita bukanlah seorang dokter yang mungkin saja dapat membedakan antara gejala penyakit ini dengan penyakit lainnya. Dan mereka saja, untuk mengetahui secara pasti butuh pemeriksaan lanjutan, seperti tes darah yang berguna untuk melihat adanya virus dengue dalam darah. 

Dan, apabila kita sudah benar-benar yakin bahwa gejala yang kita derita adalah demam berdarah, apa yang harus kita lakukan?

Anda harus banyak minum air putih untuk mencegah dehidrasi, apalagi bila Anda mengalami demam tinggi yang menyebabkan banyak cairan tubuh yang terbuang. Minumlah air hangat yang banyak sambil beristirahat. Minumlah juga paracetamol atau acetaminophen untuk menurunkan demam dan nyeri tubuh. 

Segala aktifitas yang memberatkan tubuh/melelahkan harus Anda hentikan selama sakit. Hal ini harus benar-benar dihentikan sampai Anda pulih total. Biasanya dalam pengobatan dengue ini, dokter akan melarang untuk mengkonsumsi ibuprofen, aspirin atau naproxen sodium yang berguna untuk meredakan demam dan nyeri. Alasannya adalah, obat ini bisa memacu terjadinya perdarahan internal. Hal ini khusus terjadi apabila dikonsumsi oleh penderita dengue. 

Apabila saran-saran di atas dikerjakan dengan benar, kemungkinan besar gejala demam dengue akan membaik dalam waktu 3-5 hari, dan akan sembuh total dalam waktu sekitar dua minggu atau bisa saja kurang dari itu.

Banyak kasus dengue, penderita akan merasakan lelah ketika baru pulih, akan tetapi jangan khawatir karena hal ini wajar terjadi dan sifatnya hanya sementara. Bahkan ada beberapa kasus dari penderita dengue yang membutuhkan waktu satu setengah bulan untuk memulihkan kondisinya agar fit seperti semula (sebelum sakit). Tetaplah selalu perbanyak minum air putih, tidak melakukan pekerjaan berat dan istirahatlah. 

Bukan hanya penyakit lain, penyakit ini pun membutuhkan monitoring mengenai perkembangan gejala dalam masa pengobatan. Anda disarankan untuk menemui dokter kembali apabila gejala belum kunjung reda (mendingan) dalam waktu 3-5 hari. Dan Anda sangat disarankan juga untuk ke rumah sakit apabila dengue menunjukkan tingkat yang lebih parah yaitu demam berdarah dengue (DBD) dan shock syndrome setelah suhu tubuh turun (fase kritis). 
Admin
Seorang sarjana salah jurusan. Penulis yang tidak puitis. ^_^

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool